P2KM (PUSAT PENGKAJIAN KOMUNIKASI MASSA)

Komunikasi massa kini berkembang begitu pesat yang ditandai dengan tumbuhnya penggunaan internet sebagai media baru, di mana manusia mampu berperan tidak hanya sebagai konsumen, tetapi produsen media. Di alam kebebasan informasi saat ini, selain televisi, radio, dan surat kabar yang juga bersaing dengan internet, bidang periklanan pun melonjak ke arah yang menggembirakan sebagai struktur ekonomi informasi. Ia juga sekaligus sebagai organ sistem komunikasi masyarakat sulit dipisahkan dalam keseharian.

Sebagai sebuah entitas, fenomena tersebut disadari menjadi permasalahan yang sangat menarik untuk dikaji. Ranah komunikasi massa dalam perkembangan studi ilmu komunikasi harus menyiapkan ruang yang luas dalam mengejawantahkannya.


Berbagai teori yang menjelaskan bagaimana sesungguhnya komunikasi massa, memerlukan penjelasan yang lebih menyeluruh dan selalu mutakhir. Dan tentu saja perkembangan pemikiran komunikasi massa sebagai bagian dari studi ilmu komunikasi, menuntut keterlibatan penuh para akademisi dan mahasiswa agar lebih tanggap dan cakap terhadap situasi keilmuannya.


Pusat Pengkajian Komunikasi Massa (P2KM) adalah unit kerja pendukung, bernaung di bawah Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatera Utara didaulat menangani pengkajian, baik secara ilmiah dan praktis di bidang komunikasi massa. Secara spesifik meliputi program kerja penelitian, pendidikan dan lokakarya, pendampingan, dan produksi.


Sebagai tempat menghasilkan studi-studi baru di bidang komunikasi massa, P2KM melaksanakan penelitian dengan mengacu pada kepentingan ilmiah seputar studi media, periklanan, dan televisi lokal, terkait dengan masyarakat sebagai produsen dan konsumen informasi.


Selain itu perguruan tinggi yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat siap menjadi jembatan antar media massa dengan masyarakat untuk melihat dan memahami dalam jarak dekat tentang dunia media. Hal itu diwujudkan dengan menyelenggarakan diskusi rutin, termasuk seminar, dan lokakarya.


Didirikan pada tahun 2007, lebih khusus P2KM didaulat sebagai pelaksana teknis penerbitan Jurnal Ilmu Komunikasi “Komunika” yang secara rutin terbit dua kali dalam satu tahun. Hingga saat ini P2KM aktif menyelenggarakan berbagai diskusi dan seminar terkait dengan kajian komunikasi massa.

Visi

  • Bertindak cerdas, cemerlang, dan berwawasan global dalam mengkaji perkembangan komunikasi massa, serta bertindak lokal baik secara internal di universitas dan eksternal kepada masyarakat.
  • Menjadi pusat kajian yang mampu menginspirasi dan mewarnai dunia kampus, khususnya Universitas Sumatera Utara.

Mis

  • Menjalin kerjasama dalam bidang komunikasi, khususnya komunikasi massa dengan berbagai pihak demi terselenggaranya program kerja.
  • Melibatkan dosen dan mahasiswa dalam bidang pengabdian, pelatihan dan pendidikan komunikasi, khususunya komunikasi massa.
  • Mendukung penyebarluasan kesadaran bermedia di tengah
  • Menghasilkan berbagai produk penerbitan cetak dan media siber.

Program Kerja

Meliputi kegiatan penelitian, pendidikan, seminar, pendampingan, dan produksi.

Penelitian

  • Survei remaja dan konsumsi telepon selular.
  • Survei kognisi independensi media terhadap wartawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan.
  • Analisis headline suratkabar Medan.
  • Industri suratkabar lokal.
  • Dinamika periklanan Sumatera Utara.
  • Telisik televisi lokal.

Pendidikan

  • Pelatihan pembuatan situs web di kalangan mahasiswa Departemen IlmuKomunikasi FISIP USU.
  • Pendidikan dan jurnalistik.

Pendampingan
Gerakan literasi media untuk siswa SMP dan SMU.

Produksi

  • Media mahasiswa Pijar (mediapijar.com)
  • Jurnal Ilmu Komunikasi “Komunika” (terbit 2 kali setahun)

 

Pengelola

Penanggung Jawab : Ketua Departemen Ilmu Komunikasi Dra. Fatma Wardy Lubis, M.A
Ketua : Dra. Mazdalifah, M.Si., Ph.D
Penasehat Ahli : Prof. Dr. Suwardi Lubis, M.S
    Dr. Nurbani, M.Si
    Drs.Hendra Harahap, M.Si
    Dra. Dayana,M.Si
Satf Jurnal : Frydo Faisal Monardi Tanjung
    Cindy Natasya Castella
    M. Zahrawi
Staff Pijar : Nur Fitri Yani S (Pemimpin Umum)
    Zakiyah Rizky (Sekretaris Umum)
    Ummul Khairiah (Bendahara Umum)
   

Bagus Prakasa (Pemimpin Redaksi)

    Meutya Rachmi (Pemimpin Perusahaan)
    Alfi Rahmat (Pemimpin Litbang)