Strategi & Sasaran

icon front default3

 Strategi & Sasaran Program Studi Ilmu Komunikasi

No Sasaran Indikator Capaian Target Strategi
2015 2016 2017 2018 2019 2020
1. Bidang Pendidikan Akreditasi Institusi  B/330 A/365 A/365 A/365 A/365 A/365
  1. Peningkatan pengetahuan, soft skill, dan art mahasiswa di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Periklanan  melalui kegiatan Laboratorium, Pusat Pengkajian  Komunikasi Massa (P2KM), Radio USUKom, aktivitas mahasiswa seperti Sinematografi Komunikasi (SIKU), dan Fotografi Komunikasi (FOKUS)
  2. Peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana serta kapasitas sumber daya manusia di laboratorium Ilmu Komunikasi sebagai wadah pelatihan di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Periklanan.
  3. Peningkatan kualitas staf pengajar melalui pendidikan, pelatihan assesor kompetensi di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Periklanan
Meningkatnya jumlah guru besar 2 3 5 7 9 10
Meningkatnya kualifikasi dosen bergelar doktor 9 11 11 13 15 16
Lulusan  memiliki sertifikat kompetensi/SKPI di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Periklanan. 0% 10%

15%

25%

30%

35%

Memiliki kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan SKKNI di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Periklanan  

Tersedia sarana dan prasarana Laboratorium (Audiovisual, Fotografi, Radio, dan Printing) yang lengkap  

Rata-rata IPK lulusan meningkat menjadi 3,5 pada tahun 2021

3.25

3.30

3.35

3.40

3.45

3.5

Meminimalkan mahasiswa DO dengan persentase lebih kecil dari 6 % pada tahun 2021

≤6%

≤6%

≤6%

≤6%

≤6%

≤6%

Lama studi mahasiswa rata-rata sama atau lebih kecil dari  4 tahun ≤4 tahun

≤4 tahun

≤4 tahun

≤4 tahun

≤4 tahun

≤4 tahun

Jumlah karya tulis mahasiswa dalam lomba karya tulis ilmiah 2

4

4

5

5

6

2. Bidang Penelitian

Meningkatnya jumlah proposal penelitian dari Program Studi Ilmu Komunikasi yang diajukan kepada DIKTI

2

5

5

5

5

5

  1. Meningkatkan kualitas staf pengajar di bidang penelitian melalui pelatihan/workshop di tingkat nasional maupun regional
  2. Mengembangkan  kerjasama dengan berbagai lembaga baik nasional maupun internasional

Meningkatnya jumlah penelitian DIKTI di Program Studi Ilmu Komunikasi

2

2

3

4

5

6

Meningkatnya jumlah kerjasama penelitian antara Program Studi Ilmu Komunikasi dengan lembaga lain

3

4

4

4

5

5

Rata-rata jumlah dana penelitian per tahun meningkat

(Juta rupiah)

500

600

650

700

750

800

3. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

Meningkatnya jumlah proposal pengabdian masyarakat dari Program Studi Ilmu Komunikasi yang diajukan kepada DIKTI

2

5

5

5

5

5

  1. Meningkatkan kualitas staf pengajar di bidang pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan/workshop di tingkat nasional maupun regional
  2. Mengembangkan  kerjasama dengan berbagai lembaga baik nasional maupun internasional
Meningkatnya jumlah pengabdian masyarakat DIKTI di Program Studi Ilmu Komunikasi

2

2

3

4

5

6

Meningkatnya jumlah kerjasama pengabdian masyarakat antara Program Studi Ilmu Komunikasi dengan lembaga lain

1

2

2

3

3

4

Rata-rata jumlah dana pengabdian kepada

masyarakat per tahun meningkat

(Juta rupiah)

500

600

650

700

750

800

4. Bidang Pengembangan Publikasi Ilmiah Jurnal Komunika dan E-Flow terakreditasi nasional  

  1. Meningkatkan kualitas staf pengajar di bidang publikasi artikel ilmiah melalui pelatihan/workshop di tingkat nasional maupun internasional
  2. Meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal Komunika dan E-Flow melalui pelatihan/workshop di tingkat nasional maupun internasiona
Jumlah artikel staf pengajar yang terpublikasi di jurnal internasional terindeks scopus 2 3 4 4 5 6
Jumlah artikel terpublikasi di jurnal nasional terakreditasi 2 2 2 3 3 3
Jumlah publikasi staf pengajar terekam di prosiding seminar internasional 5 6 8 10 15 15
Jumlah karya tulis staf pengajar yang memperoleh HAKI 2 3 5 6 8 10
Jumlah penyelenggaraan konferensi nasional/internasional 0 1 2 2 2 3
5. Bidang Pengembangan Kapasitas Organisasi dan Program Studi Meningkatnya jumlah kerjasama program studi di bidang pendidikan, pengabdian, dan penelitian secara nasional dan internasional 2 2 3 3 3 3
  1. Meningkatkan kapasitas kelembagaan program studi
  2. Meningkatkan  jumlah pusat kajian di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Periklanan
  3. Meningkatkan kualitas kelembagaan, sumber daya manusia, dan sarana prasarana Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-1) di bidang public relations
Meningkatnya jumlah pusat kajian di bidang Jurnalistik, Public Relations, dan Periklanan 1 2 2 3 4 4

Berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-1) di bidang public relations